Home / Seleksi CPNS / KemenPAN RB Janjikan Solusi Bagi Peserta Tak Lolos Tes SKD Karena Passing Grade Tes CPNS 2018

KemenPAN RB Janjikan Solusi Bagi Peserta Tak Lolos Tes SKD Karena Passing Grade Tes CPNS 2018

BKPPD Gunung Mas – Banyak keluhan peserta tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tentang tingginya batas minimal nilai atau passing grade yang ditetapkan untuk bisa lulus di tes CPNS 2018.

Banyak peserta tidak lolos tes SKD disebabkan mereka tidak dapat memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang ditentukan panitia seleksi CPNS tahun ini.Padahal sebelumnya peserta lolos di seleksi administrasi CPNS 2018 via sscn.bkn.go.id.

KemenPAN RB janjikan solusi untuk peserta tak lolos tes SKD karena tak memenuhi passing grade. Sementara Badan Kepegawaian Negara tetap bersikukuh passing grade sudah disesuaikan.

Di beberapa daerah memang hanya sedikit peserta tes SKD yang dapat memenuhi passing grade. Bahkan banyak kepala daerah kecewa, karena peserta lolos tes SKD tidak memenuhi kuota formasi CPNS 2018 yang ditawarkan.

Seperti diketahui, kriteria penetapan kebutuhan CPNS 2018 diatur melalui Peraturan Menteri (Permen) Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018. Adapun nilai ambang batas juga diatur melalui Permenpan RB tersebut.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara ( Kemenpan RB) Mudzakir menyampaikan, adanya penetapan nilai ambang batas merupakan hasil dari pembahasan panitia seleksi nasional CPNS dengan anggota berbagai kementerian atau lembaga.

Terkait dengan apakah akan ada penurunan passing grade, saat ini Kemenpan RB belum mengambil keputusan.

“Saat ini kami masih berpegang pada ketentuan yang ada,” kata Mudzakir saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/11/2018). Passing grade yang ada, lanjut dia, dimaksudkan untuk menjaring CPNS yang unggul.

Ia menambahkan, pihaknya menyadari bahwa banyak pelamar yang tidak lolos. “Hal ini akan dicarikan solusinya yang baik,” ujar dia.

Sementara itu beberapa twit yang menulis mengenai ketidaklolosan peserta SKD karena tak dapat memenuhi passing grade yang telah ditentukan panitia seleksi nasional CPNS tahun ini.

Menanggapi hal ini, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, passing grade yang ditentukan oleh panitia telah disesuaikan dengan standar yang ada.

“Enggak juga (nilai ambang batas tinggi). Tingkat kesulitan soal yang disiapkan Kemendikbud dan asosisasi PTN sudah ada standarnya,” kata Ridwan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/11/2018).

Hanya saja, lanjut dia, pengacau atau opsi jawaban memang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa terkesan menyulitkan. Ridwan menyampaikan, hal ini merupakan pengembangan dari soal-soal SKD.

“Jika tidak melakukan evolusi soal, maka soal-soal akan semakin mudah ditebak,” ujar dia.

Ia juga memberikan tanggapan mengenai banyaknya peserta yang tidak dapat memenuhi nilai ambang batas SKD.

Menurut dia, saat ini panitia seleksi nasional sedang mematangkan masukan-masukan yang ada terkait dengan passing grade SKD CPNS.

“Sabar ya, panitia seleksi nasional sedang menggodok semua masukan dari Ombudsman, BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Siber dan Sandi Negara, tim QA dengan data PG (passing grade) nasional,” kata Ridwan.

Artikel ini telah tayang di banjarmasin.tribunnews.com dengan judul “KemenPAN RB Janjikan Solusi Bagi Peserta Tak Lolos Tes SKD Karena Passing Grade Tes CPNS 2018

About Wahyudiningrat

Seorang Abdi Negara dan Abdi Masyarakat yang melaksanakan tugas negara pada BKPPD Kabupaten Gunung Mas

Check Also

Bagaimana jika tidak lulus Pelatihan Dasar CPNS

Bagi peserta Pelatihan Dasar CPNS dinyatakan ditunda kelulusannya apabila memperoleh kualifikasi kurang memuaskan untuk setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *